3 Cara Mengatasi Rasa MALAS Dalam Diri Anda

Apakah anda adalah orang yang sering dihinggapi rasa malas? Atau anda sendiri adalah seorang pemalas? Wajarkah bila kita memiliki rasa malas? Pertanyaan ini tentu anda sendirilah yang akan merefleksikan dalam diri anda sendiri dan menemukan jawabannya.

Sebelumnya anda harus tahu defenisi rasa malas itu apa dan mengapa rasa malas itu bisa menghinggapi diri kita. Malas adalah tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu, tidak bernafsu; tidak suka; segan; enggan.

Malas itu sesuatu yang wajar, malas itu sesuatu cara kerja otak atau cara kerja mindset.Tidak enak bukan, jika kita diolok-olok, dituduh, dituding sebagai seorang yang pemalas?

Salah satu motivator dunia Anthony Robbins mengatakan bahwa manusia itu akan bergerak maju kalau ada dua point yaitu yang pertama Gain pleasure (manusia akan bergerak maju kalau ada sesuatu yang meransang dia dan menyenangkan dia, akhirnya membuat dia keluar dari rasa malasnya) dan yang kedua adalah Avoid pain (menghindari rasa sakit yaitu dia menghindari  hukuman, dia menghindari  punishment dan terpaksa akan membuat dia keluar).

Nah, jika anda tidak memiliki dua point ini, besar kemungkinan anda akan dihinggapi rasa malas, dan celakanya banyak orang pemalas itu dia tidak sadar kalau dirinya seorang pemalas.

Di sini ada tiga cara mengatasi rasa malas yaitu antara lain;

1. Membuat Target
Anda harus membuat target. Kalau anda punya target yang jelas niscaya anda akan tidak punya rasa malas. Contoh; anda misalkan target tahun ini anda mau beli motor. Anda buat resolusi, targetnya jelas. 

Maka anda akan bekerja sekuat tenaga, berjuang mati-matian untuk membeli sebuah motor. Contoh lagi, anda punya target ingin lulus kuliah delapan semester. Delapan semester itu pada umumnya. Maka anda akan bergerak cepat supaya tidak membebani orang tua dalam biaya kuliah, . 

Nah itu targetnya jelas, anda pasti tidak bermalas-malasan kuliah, tidak akan bermalas-malasan belajar. Contoh lagi, jika besok anda ingin bangun pagi, berarti anda sudah set dalam otak anda, target yang jelas untuk bangun pagi, misalnya besok pagi anda harus bangun jam lima pagi. Dari beberapa contoh tersebut intinya anda harus membuat target yang jelas.

2. Punishment
Punishment atau hukuman. Manusia itu akan belajar kalau besok mau ujian. Itu hal yang wajar dan sering terjadi pada umumnya. Manusia itu akan bergerak kalau dia takut dihukum. Manusia akan mentaati peraturan gurunya kalau ada hukuman. Sama juga anda besok harus melakukan pekerjan, masuk lebih awal, kalau tidak akan dipotong gaji anda. Nah itu ada punishment

Akhirnya jika anda terbiasa terlambat, terbiasa tidak disiplin, malas, bangun siang, ataupun anda tidak bekerja mengejar target anda, besar kemungkinan karena anda tidak punya punishment. Jadi punishment atau hukumannya itu seperti apa? Anda harus mempunish diri anda sendiri. 

Kalau saya tidak kerja berarti saya tidak makan, saya tidak hidup, kalau saya malas kerja berarti saya tidak bisa membeli motor atau mobil. Terpaksa anda harus bekerja atau mencari pekerjaan apapun tetapi harus halal. 

Intinya ada harus keluar dari rasa malas, karena rasa malas tidak membuat perut anda kenyang, rasa malas tidak membuat ada bisa membeli motor, rasa malas tidak membuat anda membayal cicilan rumah anda lunas, rasa malas tidak membuat tabungan anda hari ini bertambah dan sebagainya. Jadi rasa malas bukan sebuah solusi.

3. Reward
Adanya reward. Reward adalah hadiah. Manusia itu akan tergerak kalau ada hadiah. Contoh; Anak-anak, kalau tahun ini anda lulus sekolah atau kuliah orang tua akan memberikan hadiah sepeda motor atau mobil misalnya. Itu adalah sebuah reward. Karena ada reward, akhirnya anda mau belajar dan berusaha. 

Kalau ada bekerja pada sebuah lembaga atau perusahaan rewardnya tidak jelas maka anda akan malas-malas. Nah kalau reward itu jelas, hadiahnya jelas maka anda akan berjuang sekuat tenaga, berjuang mati-matian untuk, anda akan menstimulasi otak anda , bagaimana supaya anda bisa keluar dari zona malas anda.

Oleh sebab itu, saya yakin tiga point dan cara ini tidak terlalu menjamin anda keluar dari rasa malas anda, tetapi jika tiga point ini ada temukan dan laksanalan maka rasa malas anda bisa berkurang. Semoga bermanfaat. 

Penulis: Thom Fallo
Dok Foto: IG: Kereneleasha (Keren Res)


10 comments for "3 Cara Mengatasi Rasa MALAS Dalam Diri Anda"

  1. dengan 3 cara ini kita tidak mls lagi dlm melakukan sesuatu😁trima kasih Pak Guru sudah memberikan cara² agar kmi tidk boleh pmls🙏

    ReplyDelete
  2. Trma ksih pak guru dengan artikel ini kami bisa mengetahui cara agar tidak malas🙏

    ReplyDelete
  3. Semoga dengan artikel di atas kita bisa mengetahui cara mrngatasi rasa malas kita 🙏🏻

    ReplyDelete



  4. semoga dengan membaca artikel ini pikiran kmi semakin terbuka agar tdk malas2 lagi Terimaksh Pak guru😊

    ReplyDelete
  5. Terimakasih pak guru, dengan artikel di atas kami tau cara agar tidak malas ☺️🙏

    ReplyDelete
  6. Terimakasih pak guru, dengan artikel di atas kami semakin terbuka agar tdk malas. 🙏😇

    ReplyDelete
  7. Dengan Artikel di atas kami semakin terbuka untuk tidak malas lagi.
    Dan terimakasih pak guru untuk artikel ini🙏🤗

    ReplyDelete
  8. Terima kasih pak guru dengan artikel sy bisa beljar bagaimana cara untuk mengurangi malas🙏

    ReplyDelete
  9. Terimh ksh pak guru degan artikel di atas sy dapat beljar bagaimana cara untuk mengurangi malas🙏

    ReplyDelete
  10. Trima kasih pak guru dengan artikel di atas kami belajar bagaimana cara untuk mengurangi malas🙏😇

    ReplyDelete