Jelang Pemilu, Relawan Demokrasi Dibekali Materi Oleh KPU Kab. TTU, NTT

Ket Foto: Komisioner KPUD TTU, NTT

Kefamenanu-Mimpintt- Jumat (25/1/2019) bertempat di Aula Alesia Kefamenanu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 55 relawan demokrasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kegiatan ini bertema "Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Untuk Pemilu Tahun 2019 Tingkat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Timor Tengah Utara".

Relawan demokrasi ini dibekali dengan beragam materi yang dibawakan langsung oleh komisioner KPU Kab. TTU. Ada lima materi penting yang disampaikan dalam bimtek yaitu;
1. Fungsi Demokrasi; dibawakan oleh Hiromimus Joni Tulasi
2. Fungsi Pemilu; dibawakan oleh Paulinus L. Feka
3. Teknik Berkomunikasi Publik; dibawakan oleh Yohanes Siki
4. Partisipasi Masyarakat; dibawakan oleh Dona Elvira Kapitan, dan
5. Teknis Tahapan Pemilu; dibawakan Videlis Olin.

Relawan demokrasi nampak sangat antusias dalam menerima materi-materi tersebut karena nantinya akan digunakan sebagai bekal untuk melakukan sosialisasi di lapisan masyarakat sesuai basis yang telah dipilih oleh masing-masing relawan demokrasi.

Argiadus Aononi, salah satu relawan demokrasi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi kami karena akan sangat membantu kami para relawan di Kab. TTU saat menjalankan tugas sebagai seorang relawan agar mensukseskan pesta demokrasi pada 17 April 2019 mendatang.

Sementara Paulinus L. Feka, salah satu Komisioner KPU Kab. TTU ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan bimtek dimaksud agar relawan demokrasi  mendapatkan pemahaman  dan pengetahuan yang komprehensif terkait pemilu, manfaat pemilu, partisipasi masyarakat sebagai bagian integral dari pemilu itu sendiri. 

Selain itu, bimtek hari ini merupakan penguatan kapasitas relawan agar relawan memiliki kapasitas standar dari aspek intelegensia, kecerdasan emosional dan sosial sebagai syarat dalam menjalankan tugas sebagai agen pendorong bagi terciptanya pemilih-pemilih cerdas dan peningkatan partisipasi pemilih guna tercapainya pemilu berkualitas yang menjadi harapan dari semua elemen bangsa.

Kerja-kerja relawan demokrasi di TTU diharapkan mampu menghadirkan nilai-nilai demokrasi yang menyejukan. Dalam situasi menyejukan ini kita yakin implementasi dari  kedaulatan rakyat akan menjadi nyata, tutupnya. 

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Jelang Pemilu, Relawan Demokrasi Dibekali Materi Oleh KPU Kab. TTU, NTT"