Padang Rumput Popekano Butuh Sentuhan Kasih Sayang

Padang rumput Popekano adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Secara geografis bioma padang rumput memiliki karakteristik daerah intensitas curah hujan 250 hingga 500 mm/tahun, dan di beberapa daerah curah hujan dapat mencapai 1000 mm/tahun. Hujan jarang terjadi di bioma padang rumput sehingga tanaman sulit mendapatkan sumber air dan tanaman yang mudah beradaptasi adalah rumput.

Bioma padang rumput dibagi menjadi 2 yaitu stepa (padang rumput yang yang tidak diselingi pepohonan) dan sabana (padang rumput yang diselingi pepohonan besar dan kalaupun ada hanya sedikit pepohonan yang tumbuh).

Untuk padang rumput Popekano, mulai dikenal masyarakat khususnya di kalangan remaja sejak didirikan Sekolah Menengah Atas Negeri Insana Barat. Mengapa dikenal? Karena sekolah ini berada tepat dibawah kaki bukit padang rumput tersebut.

Jarak dari pusat kota Kefamenanu ke padang tersebut sekitar 20-an Km sehingga membutuhkan waktu yang cukup agar bisa tiba di lokasi tersebut.

Meskipun perjalanannya sangat melelakkan, tetapi percayalah ketika sudah tiba di padang rumput Popekano, rasa lelah akan hilang seketika, karena padang rumput popekano menyuguhkan suasana padang rumput yang hijau, sejuk, dan masih asri karena lokasinya yang jauh dari perkotaan.

Akses menuju lokasi padang rumput ini tidak sulit, dari kota hingga ke desa jalannya aspal, sedikit terkelupas dan sampai ke desa itu aman, karena pemerintah desa setempat telah membangun jalan raya untuk menuju tempat wisata tersebut.

Letak rumah saya tidak jauh dari tempat wisata ini, dan saya lihat pada musim kemarau itu pengunjung yang datang itu berkurang. Tetapi ketika musim hujan tiba, pengunjung yang datang banyak dan ramai karena ingin menikmati bentangan padang rumput hijau yang luas nan indah, dan bisa melakukan foto selfie dan foto bersama sambil bersantai, tutur empi

Tidak hanya foto selfie dan foto bersama saja, tapi ada yang datang untuk foto prawedding, tutur Empi Asalnaije, warga masyarakat setempat sekaligus siswa dari SMAN Insana Barat.
Inilah keindahan Padang rumput Popekano yang selalu memanjakan mata pengunjung, semoga padang rumput yang hijau ini menyejukan hati kita semua yang berkunjung ke tempat ini.

Datanglah, nikmatilah pesona alam ini, tempat rekreasi yang sangat menjanjikan, ajak keluarga anda, ajak sahabat anda, ajak kekasih anda untuk datang menikmati panorama bentangan rumput hijau yang luas nan indah.

Penulis : Simplisius Asalnaije (siswa SMAN Insana Barat, Kelas XI IPA)
Editor: Thom Fallo

9 comments for "Padang Rumput Popekano Butuh Sentuhan Kasih Sayang"

  1. Isi dari artikel tersebut adalah:menceritakan tentang suatu wisatawan di TTU yang terletak di Desa Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur,yg biasa dikenal dengan Padang rumput popekano.
    Padang rumput ini sangat indah dan sejuk karena bentangan rumah yg sangat hijau ketika musuh hujan, sehingga menarik perhatian para pengunjung untuk mengunjungi Padang rumput tersebut.
    Padang rumput popekano juga sangat sejuk sehingga dapat menyegarkan pikiran yg sangat terbeban menjadi sejuk.

    Nama:Maria Angelina Eko
    Kelas: X IPA¹

    ReplyDelete

  2. Nama: Fransiska Funan


    isi artikel tersebut ini menceritakan tentang suatu wisatawan Di TTU,tepatnya di Desa Letneo Selatan,Kecamatan Insana Barat,Provinsi NTT.
    Tempat ini biasa disebut dengan Padang Popekano, RumputNya yg hijau,suasanaNya yg indah,tenangLah yg mmbuat banyak sekali pengunjung yang melihat/tempat ini.


    Nama: Fransiska Funan

    kelas: Xl IPA 1

    ReplyDelete
  3. Isi dari artikel di atas : Menceritakan tentang sebuah Keindahan Tempat Wisata di TTU, yang tepatnya di Desa Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Provinsi NTT.

    Tempat Wisata tersebut biasa di kenal dengan Padang Popekano, Jika berkunjung di sana kita akan merasa sejuk karena Rumputnya Yang hijau, Pemandangannya yang luas, dan banyak pepohonan.

    Tempat wisata tersebut sangat indah dan menarik perhatian banyak orang untuk berkunjung ke sana .

    ReplyDelete

  4. isi artikel ini tersebut menceritakan suatu wisata di TTU,tepatnya di Letneo Selatan,Kecamatan Insana Barat,Provinsi NTT.
    Tempat ini biasa di sebut dengn padang Popekano,rumputnya yang hijau suasananya yg indah,tenanglah yang membuat banyak sekali pengunjung yang melihat/tempat ini.


    Nama:Maria Prisila Lafu
    Kelas:X1 Ipa 1

    ReplyDelete
  5. Isi artikel tersebut menceritakan tentang keindahan tempat wisata di TTU, tepatnya di Desa Letneo Selatan, Kecamatan Insana Barat, Provinsi NTT
    Tempat wisata ini biasa di sebut dengan Padang Popekano, rumputnya hijau dan suasananya indah, udaranya segar sehingga dapat membuat banyak orang berkunjung ke tempat ini.

    Nama:Maria Gabriela Fanu
    Kelas: XI IPA 1

    ReplyDelete
  6. Isi artikel tersebut menceritakan keindahan tempat Wisata di TTU, Tepatnya di Desa Letneo Selatan Kecamatan Insana Barat, provinsi NTT
    Tempat Wisata ini biasa di sebut dengan Padang Popekano
    Padang rumput Popekano suasananya begitu indah dan sejuk karena terbentang begitu luas rumput-rumput hijau dan banyak pepohonan yang begitu rimbun ketika musim hujan.
    Karena suasananya yang begitu indah dan sejuklah yang mengundang banyak perhatian banyak orang untuk mengunjunginya.

    Nama: Demetriana Nope
    Kelas : X IPA 1

    ReplyDelete
  7. Isi artikel tersebut yaitu. Menceritakan sebuah tempat wisata di Desa letneo selatan,kecamatsn Insana Bar at,Kab. TTU ,Provinsi NTT.

    Tempat wisata ini biasa di sebut padang rumput mamsrna/ popekano.di tempat ini kita bisa menikmati pemandangan yg begitu indah dan udara yg sejuk.

    ReplyDelete
  8. Padang rumput ini sangat indah dan biasanya ada orang² yang suka berfoto-foto di tempat ini krna pemandangannya sangat indah🤗😇

    ReplyDelete