Pemuda Muslim Di TTU Inisiatif Buat Pohon Natal Di Batas RI-RDTL

Keberagaman dan toleransi antar umat beragama kini menjadi topik hot yang seringkali diperbincangkan di seluruh pelosok nusantara. Memahami dan menjalankan nilai toleransi menjadi sangat fundamen bagi masyarakat bangsa untuk melawan radikalisme yang masuk dan intoleransi yang akan merusak tatatan kultur kesatuan indonesia yang telah ditanamkan oleh pendiri bangsa.

Terlihat para pemuda muslim sibuk membuat pohon natal di perempatan Wini, Kec. Insana Utara, Kab. TTU, NTT wilayah tapal batas RI-RDTL pintu masuk dan garda terdepan bagi negara lain.

Pembuatan pohon natal ini adalah atas inisiatif para pemuda, terutama para pemuda muslim. Mereka merasa moment Natal ada dalam sebuah keragaman, dan dari keberagaman inilah tumbuh sikap toleransi yaitu mengambil bagian dalam pembuatan pohon natal mulai dari pengumpulan bahan hingga pembuatannya.

Keikutsertaan mereka ini karena ada rasa nilai kebhinekaan yang menonjol, dan keberagaman yang tinggi dalam kehidupan sosial masyarakat. Sponsor dari kegiatan ini adalah pemuda muslim yaitu Insial Juma dan paman Ambo serta beberapa pemuda Orang Muda Katolik (OMK) St.Paulus Wini.

Di Wini, Insana Utara, atau yang lebih dikenal dengan nama Pantura, banyak warga umat Muslim tempat berdomisili, dan lebih tepatnya berada dalam lingkungan St. Paulus Paroki Fransiskus Xaverius Wini.

Mereka hidup bermasyarakat, mereka turut ikut ambil bagian dalam setiap kegiatan gereja maupun pemerintah. Mereka juga sering turut mengambil bagian dalam kegiatan-kegiatan di Gereja seperti pertandingan pada ulang tahun Paroki, adanya support baik moril maupun materil karena mereka merasa memiliki lingkungan St.Paulus.

Sebaliknya, pada perayaan idul fitri biasanya pemuda katolik (OMK) juga ikut mengambil bagian dalam menjaga situasi dan kondisi kebersamaan kehidupan mereka.

Indahnya keberagaman, indahnya Indonesia. Pada moment natal ini mereka memberi pesan "Indahnya Kebersamaan dalam perbedaan Karna Kita Adalah Satu Dalam Keberagaman, keberagaman akan menciptakan kedamaian dalam Kasih, ungkap salah satu pemuda Katolik Wini Ema Kolo.

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Pemuda Muslim Di TTU Inisiatif Buat Pohon Natal Di Batas RI-RDTL"