Doa Anak Timor Untuk Kakak Emanuel Beli Naikteas Bano, Pahlawan Pembangunan

Masih adakah perdamaian sejati dan doa tulus untuk negeri ini? Kami hadir tidak sekedar mencari nafkah, tetapi, kami hadir dengan semangat muda membangun negeri ini.

Kami memperjuangkan keadilan negeri ini. Kami sesama pemuda dari Timor, namun kami saling mengutus dari sabang sampai marauke, untuk mempererat persaudaraan, untuk Indonesia yang penuh persaudaraan, untuk kemerdekaan yang utuh yang sempurna.

Kami pemuda Timor, kami mengutus teman dan sahabat kami, dengan doa dan 1001 harapan kembali dengan utuh, berkarya sampai akhir penghabisan penuh semangat juang, dengan mengharumkan nama Timor di pulau seberang.

Masih adakah kedamaian yang abadi di negeri ini? Masih adakah yang memiliki rasa nasionalisme yang utuh? Untuk negeri ini.

Tuhan...
Satu pahlawan kami dari Timor gugur, gugur tanpa dosa, itu putra kebanggaan kami anak Timor.
Kami berduka, 1000 lilin inikah cukup untuk menyembuhkan luka? Tidak ada beban jika kami merantau, karena kami cinta tanah ini. Karena kita saudara.

Tuhan...
Masih adakah hati yang tulus? Dia kakak kami, dia sahabat kami, dia pemuda kebanggaan kami. Dia punya banyak mimpi. Bukan hanya untuk tanah Timor, tapi untuk negeri ini.

Tuhan...
Tuntaskan mimpi dia di surgaMu, tuntaskan perjuangan dengan memberikan kedamaian yang sempurna di negeri ini.

Tuhan....
Jadikan 1000 lilin ini untuk membuka lembaran baru di negeri ini. Lembaran baru terang. Terangi kegelapan dan duka di pulau seberang.

Tuhan...
Kami meski dengan air mata, namun kami ikhlas. Karena pemuda Timor kami gugur, karena memperjuangkan pembangunan pulau seberang.

Tuhan....
Andaikahln air mata ini jadi pertama untuk negeri ini? Akankah negeri ini utuh? Dia pemuda generasi bangsa, generasi harapan dan perubahan bangsa ke depan. Dia gugur di medan pembangunan. Dia adalah satu insan pengukir prestasi di Timor. Siapakah yang akan membawa nama bangsa dan pulau Timor ini ke depan? Jika pemuda kami gugur.

Kejam rasanya. Seperti kami mau mengutuk mereka yang berhati kejam, tapi masih ada suara hati kedamaian yang terus menghantui.

Tuhan...
Jaga negeri ini dan jangan buat pemuda kami putus asa. Bahagia Di Surga Kakak Emanuel Beli Naikteas Bano, Pahlawan Pembangunan, dari Kefamenanu, Timor Tengah Utara, NTT.

Oleh: Adelia Valentina Bouk, Mahasiswa Universitas Timor, Jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Post a Comment for "Doa Anak Timor Untuk Kakak Emanuel Beli Naikteas Bano, Pahlawan Pembangunan"