Tidak Lolos Passing Grade, CPNS Keluhkan Soal Sulit Dan Waktu Terlalu Singkat

Sejumlah instansi di beberapa Kabupaten dan Provinsi sudah mulai melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) pada tempat yang telah ditentukan oleh panitia seleksi mulai dari Jumat (2/11/2018) sampai dengan hari ini.

Sampai dengan hari ini untuk instasi Pemerintah Provinsi NTT berdasarkan informasi dan data yang dihimpun, dari  total peserta sementara yang sudah mengikuti tes sebanyak 5233 orang, yang lulus passing grade sebanyak 63 orang, tidak lulus passing grade sebanyak 5109 orang dengan jumlah formasi yang harus terisi sebayak 587 yang harus diisi oleh tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis.

Sementara pelaksanaan SKD di beberapa Kabupaten berjalan aman dan tertib, namun sayangnya banyak sekali peserta yang tidak  lolos passing grade.  

Berdasarkan Permen PANRB No.37/2018, pemerintah menetapkan nilai ambang batas (passing grade) SKD CPNS tahun 2018 untuk Tes Karakteristik Pribadi: 143, Tes Intelegensia Umum: 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan: 75.

Untuk yang sudah lolos passing grade berdasarkan peraturan kemungkinan besar akan melaju pada tahap berikut yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKP) yang teknis pelaksanaannya diatur oleh panitia seleksi nasional dan akan ditindaklanjuti oleh panitia di daerah.

Dan hasil SKD sementara di beberapa Instansi, banyak peserta yang tidak lolos passing grade dan bahkan dalam setiap sesi itu semua peserta tidak lolos nilai ambang batas. Ada juga peserta yang lolos berkisar dari 2-7 orang dalam setiap sesi dalam pelaksanaan SKD.

Dugaan sementara atau pantauan sementara di beberapa Kabupaten, peserta yang sudah mengikuti tes sekitar seribu-an orang namun yang lolos passing grade tidak mencapai sampai dua puluh orang dan masih berkisar pada angka belasan. 

Salah satu peserta tes yang tidak mau disebutkan namanya yang telah mengikuti SKD mengaku dalam mengerjakan soal-soal, semacam dikejar waktu, dan soalnya juga sulit-sulit. Jadi kita pusing, mau baca soal, lalu analisa atau mau bakejar deng waktu, tuturnya.

Tanggapan masyarakat yang memantau pelaksanaaan SKD, kemudian memberikan komentar di media sosial yaitu: 
  1. Bentuk soal CPNS 2018 terlalu panjang mengakibatkan peserta berlama-lama dalam membaca dan menganalisa soal
  2. Soal-soal yang terlalu sulit
  3. Rentang waktu 90 menit yang terlalu singkat sehingga peserta belum mengerjakan soal, waktu sudah selesai
  4. Para pencari kerja minim informasi dan kurang menguasai teknologi
  5. Sistem CAT ini sudah bagus agar dapat menghindari praktek-praktek kolusi, nepotisme dan suap-menyuap 
  6. Kita harus siap berkompetisi, jangan takut 
  7. Dunia jaman kerja sekarang tidak ada yang manual
Untuk sementara hasil SKD di Provinsi NTT, Kabupaten Belu, Alor, Sikka dan SBD memang kurang memuaskan bagi peserta tes dan menuai komentar dari berbagai pihak terkait proses dan hasilnya.

Peserta dibeberapa daerah yang belum mengikuti selesksi diharapkan mempersipakn diri dengan baik agar dapat mengerjakan soal-soal dengan baik pula sehingga bisa lolos pada tahap SKD dan tahap berikutnya. 

Penulis: Thom Fallo




2 comments for "Tidak Lolos Passing Grade, CPNS Keluhkan Soal Sulit Dan Waktu Terlalu Singkat"