Sman Insana Barat Bentuk Gugus Depan

Mamsena, Kamis (8/11/2018) bertempat di lokasi SMA Negeri Insana Barat, TTU dilaksanakannya upacara pembukaan Perkemahan Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu Gudep Pesiapan SMAN Insana Barat ambalan Lupu Mamsena.

Gugus Depan persiapan Gerakan Pramuka SMAN Insana Barat adalah adalah Gugus Depan baru yang sudah dipersiapkan satu tahun yang lalu dan kini memasuki tahap awal kegiatan perkemahan, ujian dan pelantikan serta peresmian.

Kepala Sekolah SMAN Insana Barat Remigius Sanit, S.Pd sekaligus Kamabigus ketika diwawancarai mengatakan bahwa, memang ini gugus depan baru yang dibentuk dan pembentukan organisasi Pramuka di sekolah ini berdasarkan Permendikbud No. 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Karena merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib untuk peserta didik bagi sekolah yang menggunakan kurikulum 2013, maka kita wajibkan bagi Kelas X dan XI untuk mengikuti kegitan pramuka dan hari ini kita sudah mulai sampai pelantikan dan berakhir pada hari minggu (11/11/2018), tuturnya.

Alfa M. Sengkoen, Ketua Pramuka SMAN Insana Barat yang selama ini melatih dan mendidik persiapan Kepramukaan mengatakan bahwa kegiatan Pramuka di sekolah ini merupakan kegiatan untuk menginternalisasiskan nilai Ketuhanan, kepemimpinan, kebudayaan, sosial, kebersamaan, kecintaan alam dan kemandirian yang dipusatkan pada peserta didik dan ini tahap awalnya, juga akan kita laksanakan tahapan-tahapan selanjutnya sesuai aturan yang berlaku.

Koordinator Pembina Gudep Teodorus Painneon, katanya siap melaksanakan perintah Permendikbud untuk menyelenggarakan kegiatan Pramuka di sekolah yang masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Dasar hukum kegiatan ini kita pakai dari yang paling tinggi yaitu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan kemudian di turunkan pada aturan lainnya dan berakhir pada Surat Keputusan Kepala sekolah kntuk kita sama-sama membentuk kepramukaan di sekolah.

Jadi kegiatan ini adalah kegiatan ekstrakurikuler yang mana kegiatannya diluar jam belajar wajib sesuai standar kurikulum yang dilaksanakan oleh sekolah dan pusat perhatiannya kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengembangkan kepribadiannya, jiwa kepemimpinannya, jiwa nasionalismenya, minat dan kemampuannya di berbagai bidang diluar kegiatan akademik.

Oleh karena itu hari ini adalah hari pertama kegiatan pembukaan perkemahan, dan saya mengharapkan kepada semua pihak terkait untuk saling mendukung sehingga kegiatan ini dapat bermanfaaat bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa dan agen perubahan, tutupnya. 

Penulis: Thom Fallo

2 comments for "Sman Insana Barat Bentuk Gugus Depan"