Hari Pahlawan, Wakil Bupati TTU Lantik Dan Resmikan GUDEP SMAN Insana Barat

Mamsena, Sabtu (10/11/2018) yang diperingati sebagai hari pahlawan, Wakil Bupati Timor Tengah Utara Aloysius Kobes, S.Sos selaku Ketua Kwartir Cabang Timor Tengah Utara secara resmi melantik mabigus dan meresmikan Gugus Depan 095-096 Ambalan Lupu Mamsena SMA Negeri Insana Barat.

Hadir pada kesempatan itu Pengurus Kwarcab Kabupaten TTU, Camat Insana Barat, pengawas pembina, tokoh adat, Kepala Desa, tokoh masyarakat, siswa-siswi SMAN Insana Barat sebagai peserta dan undangan lainnya.

Kepala Sekolah SMAN Insana Barat, Remigius Sanit, S,Pd sekaligus Kamabigus dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi siswa  Kelax X dan XI karena menggunakan kurikulum 2013, yang mana dalam kurikulum 2013 sekolah wajib melaksanakan kegiatan kepramukaan seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Lebih lanjut Kamabigus menghimbau kepada pembina gudep untuk terus berjuang memenuhi hak-hak peserta didik terkhususnya dalam pembentukan karakter dalam lingkungan sekolah melalui wadah pramuka.

Setelah melantik dan meresmikan Gugus Depan SMAN Insana Barat, Ketua Kwarcab, Aloysius Kobes, S.Sos dalam sambutannya menegaskan bahwa pramuka itu sekarang menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah. Mengapa demikian? Karena penilaian atau kegiatan untuk kurikulum 2013 lebih ditekankan pada sikap atau perilaku anak-anak, itu nomor satu yang dinilai. Kedua itu keterampilan.

Oleh karena itu, Bapak Camat, Bapak Desa, ini tugas kita, pramuka itu bukan karena mau jadi pengurus, tapi ini tugas kita bagaimana mendidik anak-anak kita supaya berperilaku baik sesuai harapan Pancasila. Sebagai contoh sekarang itu banyak yang sudah lupa sila-sila dan lambangnya. Ini tugas berat kita untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bagaimana kalau Pancasila sebagai ideologi kita, kita tidak tahu.

Lebih lanjut, Wakil Bupati TTU juga menyingung soal CPNS yang gugur dalam tes, Tes Kompetensi Dasar yang nanti lanjut ke Tes Kompetensi Bidang itu gugur banyak. Jadi ini kita perlu banyak belajar, kita perlu belajar.

Jadi kenapa pramuka? Karena kita bicara moral bangsa, kita bicara moral rakyat. Dan pendidikan untuk mencerdaskan bangsa itu ada di sekolah. Sebagai generasi penerus bangsa kita tidak boleh melupakan itu Pancasila.

Akhir dari upacara akbar itu ada atraksi kepramukaan yang diperankan oleh peserta pramuka dihadapan ratusan hadirin dan dilanjutkan upacara api unggun malam hari. 


Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Hari Pahlawan, Wakil Bupati TTU Lantik Dan Resmikan GUDEP SMAN Insana Barat"