Guru Profesional Jaman "NOW", Antara Profesi Dan Profesional

Untuk menjadi guru yang memiliki sertifikat pendidik profesional pada dasarnya tidaklah terlalu rumit, cukup dengan memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh pejabat yang berwenang dalam masalah sertifikasi guru serta mengikuti ujian kompetensi guru, pelatihan atau prosedur lain yang diadakan oleh pihak penyelenggara.

Namun, untuk menjadi guru yang betul-betul profesional dan tampil secara optimal, kendala yang paling mungkin terjadi adalah dalam mengajar adalah dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik, meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, mampu membelajarkan siswa melalui perannya sebagai motivator, fasilitator dan pembimbing dalam pembelajaran.

Guru yang optimal mengajar adalah pengajar dan pendidik yang menguasai dan menerapkan kompetensi dasar guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Terkait dengan hal tersebut, kasus yang paling urgent adalah profesionalitas guru. Profesionalitas guru bila ditilik dari segi administrasi maka seorang guru dikatakan profesional apabila memiliki sertifikat pendidik. Tapi tidak menjamin bahwa guru yang memiliki sertifikat pendidik adalah guru profesional.

Guru profesional di jaman sekarang adalah guru yang mengatur proses pembelajaran yang berkualitas, menjadi inspirator, motivator dan sebagai fasilitator bagi peserta didik.

Jaman sekarang, seseorang guru berusaha untuk memperoleh sertifikat pendidik adalah semata untuk untuk mendapat penghasilan tambahan gaji (penghasilan 1 Kali Gaji Pokok) bukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan proses pendidikan sesuai era perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terbaru.

Salah satu contoh kecil adalah guru yang memiliki sertifikat pendidik banyak yang tidak mampu menguasai teknologi (misalnya mengkolaborasi teknologi dengan proses pembelajaran, membuat materi pembelajaran menggunakan slide microsoft power point saja tidak bisa) dan banyak contoh lainnya yang sederhana yang secara kapasitas tidak dimiliki oleh guru sertifikasi.

Guru sertifikasi alias memiliki sertifikat pendidik yang secara administrasi diakui oleh pemerintah adalah profesional yang harus dan wajib mampu meramu proses pembelajaran yang berkualitas, mampu menjadi motivator, mampu menjadi inspirator dan fasilitator bagi peserta didik serta teman sejawat. Tapi sulit sekali menemukan guru sertifikasi dengan label seperti ini. Itulah guru profesional jaman "now".

Ini menjadi beban bagi guru jika diberi label profesional secara administrasi bahkan sekarang ini sudah ada tahapan-tahapan untuk mencapai label guru profesional atau guru bersertifikat pendidikan.

Profesional itu akan bermuara pada tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang cerdas itu adalah bangsa yang memiliki kriteria cerdas budi pekerti luhur, cerdas ilmu pengetahuan dan cerdas keterampilan. 

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Guru Profesional Jaman "NOW", Antara Profesi Dan Profesional"