Kepala Desa Pantae Dan Masyarakat Ucapkan Terima Kasih

Jumat, 9 Februari 2018  bertempat di Desa Pantae, Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, dilaksanakannya kegiatan Serah Terima sekaligus peresmian Program Pamsimas II TA 2017.

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program pembangunan infrastruktur permukiman berbasis masyarakat. Melalui pendekatan ini, masyarakat difasilitasi untuk secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur air minum dan sanitasi.

Pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan peran masyarakat sebagai mitra strategis Pemerintah untuk pengelolaan pelayanan air minum dan sanitasi di kawasan perdesaan secara berkelanjutan yang dikucurkan sejak tahun 2008 sampai sekarang oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya.

Untuk Pamsimas Desa Pantae adalah program yang dikucurkan oleh pemerintah Tahun 2017 dan baru serah terima Februari 2018, Ungkap Kades Pantae Bernadus D.Usfinit, S.Ip ketika dikonfirmasi media mimpintt.

Kades Pantae mengucapkan terima kasih berlimpah kepada Pemerintah yang telah mengucurkan dan merealisasikan Program Pamsimas di Desa Pantae dalam upaya pendekatan pelayanan air bersih di Desa kami.

Saya atas nama masyarakat dan segenap pemerintah Desa mengucapkan Terima kasih banyak untuk semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu yang telah berpartisipasi aktif baik materil maupun moril dalam menyukseskan program ini.

Masyarakat Desa Pantae secara umum bisa menikmati air bersih. Sekarang sumber air sudah dekat, kami tidak susah lagi. Kades Pantae berharap ada lagi program-program pemberdayaan masyarakat dan infrastruktur masuk desa demi kesejahteraan masyarakat desa selain program dan kegiatan di Desa yang difasilitasi oleh Dana Desa, dan untuk beberapa titik di desa yang belum dialiri air akan ditalangi menggunakan dana desa sehingga 100 % masyarakat desa bisa menikmati air bersih. Kedepan sarana air bersih di Desa Pantae akan dikelola oleh BUMDes, ungkap Kades Pantae ketika berada di Kantor Desa.

Kades juga menambahkan bahwa sementara ini bersama BPD merancang Perdes tentang Pengelolaan air Bersih. Perdes ini dibuat supaya masyarakat bisa diikat untuk menjaga fasilitas air yang sudah dibangun dapat dijaga agar pemanfaatannya bisa berlanjut, dan juga sekarang kita sudah bentuk pengurus Air (BP-SPAM) yang bertugas untuk menata dan mengelola air yang ada di Desa agar pemanfaatannya dirasakan oleh semua warga masyarakat tanpa kendala.

Turut hadir pada kesempatan ini Antonius kapitan, ST sebagai Satker PIP program Pamsimas, Dessy R.Messah, ST sebagai Koordinator Kabupaten  program Pamsimas, Petronela Sain sebagai CO-DC, Bimedek F.Malimahi, A.MD sebagai fasilitator teknik program Pamsimas,Vera E.Lassi,S.KM sebagai fasilitator pemberdayaan program Pamsimas dan Yang hadir Atas nama Camat Biboki Selatan Kasie Ekonomi Franscisco M. Lesun, S.Pt.

Penulis: Thom Fallo

4 comments for "Kepala Desa Pantae Dan Masyarakat Ucapkan Terima Kasih"

  1. Salut...
    Di tujukan kepada semua masyarakat dan Aparat desa pantae yg terkait,agar bisa menjaga SDH ( sumber daya Hutan ) yang ada di Desa kita. Karena struktur penyedia air bersih itu tergantung Alam, Alhasil
    Namun mirisnya, banyak beberapa kasus seperti kebakaran hutan, Penebangan liar besar besaran yang dilakukan secara sengaja demi mengekplorasi sumber daya hutan tersebut yang mengakibatkan beberapa area hutan menjadi gundul dan tentunya menyebabkan pemanasan global. Trima kasih.

    ReplyDelete
  2. Perlu kesadaran dari masyarakat setempat untuk menjaga lingkungan sumber air sehingga debit air tetap stabil

    ReplyDelete
  3. Dari oleh untuk masyarakat
    Sukses buat desa pantae dan terimakasih buat kerjasama yang baik selama ini.
    ORANG BIJAK BERKATA...
    JANGAN TINGGALKAN AIRMATA BUAT ANAK CUCU KITA TAPI MATA AIR BUAT MEREKA.

    ReplyDelete