Menangkap Keindahan Alam Bukit Cinta Oelbinose, NTT Sebagai Potensi Wisata

Zaman Now” sinyal telepon menjadi salah satu hal yang paling dicari, apalagi saat singgah atau berjalan ke wilayah pedalaman atau pedesaan.

Inilah salah satu tempat untuk mendapatkan sinyal bagi setiap orang yang hendak bepergian ke wilayah Kecamatan Mutis, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Bukit Cinta Oelbinose namanya.

Sebelumnya bukit ini bernama bukit Kael. Kemudian karena sering digunakan untuk mencari sinyal untuk menelpon keluarga, kekasih, sahabat untuk sekedar melepas rindu dan lelah maka diberi nama“Bukit Cinta“. Letaknya di wilayah Desa Tasinifu, Dusun Oelbinose, Kecamatan Mutis-TTU.

Jarak dari pusat kota Kefamenanu sekitar 50 km. Bagi pengguna hp wilayah aplal, Dusun oelmuke dan dan desa Tasinifu jika ingin menelpon maka harus pergi ke bukit ini untuk mencari sinyal dan melakukan telepon.

Di bukit ini juga dihiasi tempat berlindung berupa sebuah lopo kecil yang dibangun oleh Personil TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Pos Oelbinose.
Tujuan dibangun lopo tersebut adalah sebagai tempat persinggahan dan tempat melepas lelah.

Posisi lopo yang strategis seringkali dipakai sebagai arena mengabadikan foto kerena latar belakang tempat itu adalah Gunung Mutis. Ada juga yang foto selfie ketika tiba di tempat tersebut. Apalagi bagi pendatang baru.

Tempat yang begitu indah, bagi warga luar jika melewati tempat itu maka selalu mengabadikan foto.

Pemandangan nan indah bisa digunakan sebagai tempat foto prawedding bagi pasangan yang ingin menikah.

Bukit cinta ini juga dipakai sebagai tempat perkemahan bagi komunitas pencinta alam. Salah satu komunitas pencinta alam yang giat mengunjungi tempat wisata alam yaitu KOMPAK (Komunitas Pencinta Alam Kefamenanu).

Menurut cerita masyarakat yang tinggal di wilayah itu mengatakan bahwa yang memberi nama tempat itu adalah Pak Tentara Mereka. Karena mereka kesulitan berkomunikasi menggunakan hp karena tidak ada sinyal.

Kenapa Bukit Cinta ? Karena melalui tempat itu Pasukan TNI yang bertugas di wilayah itu dapat melepas rindu dengan keluarga dengan hubungan telepon seluler.

Tetapi bagi warga sekitar juga selalu memanfaatkan tempat itu untuk melepas rindu dengan Sahabat, keluarga, kenalan dan lain sebagainya.

Seiring berkembangnya IPTEK, di wilayah Kecamatan Mutis sudah dipasang Pemancar Telekomunikasi sehingga memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi. 

Kini masyarakat di wilayah tersebut sudah tidak pergi ke Bukit tersebut lantaran sudah dipasang pemancar Telkomsel di Kecamatan Mutis. Jadi di rumah sudah bisa mendapat sinyal dan bisa telepon, ungkap beberapa warga masyarakat desa. Thom/mimpintt

Penulis: Thom Fallo

9 comments for "Menangkap Keindahan Alam Bukit Cinta Oelbinose, NTT Sebagai Potensi Wisata"

  1. Semoga keindahan alam bukit cinta tetap agar pengunjung yg datang dapat menikmati keindahannya.

    ReplyDelete
  2. semoga pemandangan Bukit Cinta tetap indah agar Pengunjung bisah Lebih semangat ketempat tersebut..

    ReplyDelete
  3. Semoga pemandangan Bukit cinta tetap indah agar pengunjung yg datang dapat menik mati keindahanya

    Nama:Melanita Funan
    Kelas:Xii Ipa

    ReplyDelete
  4. Semoga pemandangan Bukit cinta tetap indah agar pengunjung yg pergi ke sana dapat menikmati keindahan alam bukit cinta

    ReplyDelete
  5. Semoga dengan adanya artikel ini bukit cinta dpat maju agar banyak pengunjungnya

    ReplyDelete
  6. Semoga bukit cinta semakin banyak pengunjung

    ReplyDelete
  7. Semoga pemandangan alam bukit cinta tetap indah

    ReplyDelete
  8. Semoga bukit cinta banyak pngunjungnya

    ReplyDelete
  9. Semoga masyarakat setempat kembali mengunjungi bukit cinta yg penuh dengan keindahan alam.

    ReplyDelete