Ikastara Magelang Poles Wajah SMPN Sekon

Bakti Nusantara adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (IKASTARA), Magelang, Jawa Tengah. Ketua Umum IKASTARA adalah Bapak David Rathadi. 

Jumlah Alumni SMA Taruna Nusantara Sampai saat ini adalah berjumlah sekitar 7000 orang. Tim yang diterjunkan di Desa Sekon sebanyak puluhan orang, dan alumni yang tidak berkesempatan hadir mereka menitip doa dan sumbangan materi agar kegiatan Bakti Nusantara berjalan aman, lancar dan sukses di wilayah Nusantara khusunya di Desa Sekon, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Kegiatan akan berlangsung mulai dari Hari Senin, 11 Desember 2017 sampai dengan Kamis, 14 Desember 2017, tetapi kegiatan Bakti Nusantara di Kabupaten Timor Tengah Utara, Desa Sekon sudah berjalan sejak 16 September 2017. 

Menurut perwakilan IKASTARA, ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu peningkatan kapasitas guru yang kegiatannya dijadwalkan mulai dari hari Senin 11-13 Desember 2017, kegiatan Sehat Nusantara yaitu pelayanan Sunat Gratis, Donor Darah, Operasi Bibir Sumbing Dan Katarak yang kegiatannya dimulai dari Hari Sabtu, 9 Desember 2017 sampai hari Selasa 12 Desember 2107 dan hari Kamis, 14 Desember 2017 adalah Peresmian SMPN Sekon Oleh Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandez , S.Pt.

Pada hari Senin, 11 Desember 2017, Di Halaman SMPN Sekon, Desa Sekon, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur diadakannya serangkaiaan kegiatan yang diselanggarakan oleh Bakti Nusantara. 

Kegiatan diawali dengan penjemputan perwakilan Pusat Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan pengalungan oleh siswa-siswi SMPN Sekon sekitar pukul 08.00 Wita. Ceremonial pembukaan dimulai sekitar pukul 08.30 Wita dihadiri oleh empat orang perwakilan PGRI pusat, Perwakilan dari Bakti Nusantara, Kepala Cabang Dinas Pendidikan, Kepemudaan Dan Olahraga (PKO) Kecamatan Insana Dan Peserta yaitu guru-guru yang berasal dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sekecamatan Insana Dan Beberapa Sekolah dari Kecamatan Insana Barat.

Dalam sambutan yang diwakili oleh perwakilan PGRI Pusat Bapak Dudung Abdul Kodir, beliau menyampaikan kepada guru-guru untuk selalu belajar, belajar bersama untuk melakukan yang terbaik. Di sela-sela kegitan untuk menyemangati peserta yang hadir, Salah satunya yang dilakukan adalah yel-yel, dan langsung dipraktekan oleh bapak dudung. 

Beliau menyebut Guru Indonesia dan peserta menjawab Profesional, Guru Indonesia, peserta menjawab terlindungi, Guru-Guru Kecamatan Insana peserta menjabab Yes, Yes, Yes, dan tak lupa beliau juga melakukan yel-yel lain, beliau menyebut Bakti Nusantara dan peserta menjawab “ Luar Biasa, Berbagi, Selalu Berbagi dan Memberi, Jaya… Jaya…Oke. 

Point penting yang menjadi pertanyaan bagi guru-guru yaitu “ Apakah kita akan menjadi guru yang biasa-biasa saja atau guru yang luar biasa ? dan tentunya kalimat pertanyaan ini menjadi bahan refleksi guru-guru saat ini.

Ucapan terima kasih Dari PGRI disampaikan kepada Bakti Nusantara Peduli, yang ingin melatih bapak dan ibu guru. Kita akan belajar bersama-sama, kita akan belajar soal kebijakan-kebijakan pendidikan, Ower View Kurikulum 2013, bagaimana menyusun perencanaan pembelajaran, bagaimana cara mengajar agar belajar itu bermakna buat anak-anak kita, belajar menilai pada kurikulum 2013 dengan pendekatan faktual, tetapi jujur kami hadir disini punya keterbatasan, kita bukan orang-orang hebat, kita orang-orang biasa yang selalu belajar bersama bapak dan ibu guru sekalian, ucap Pak Dudung. 

Diakhir sambutannya beliau memperkenalkan perwakilan PGRI pusat yang hadir yaitu Bapak Budi Setia Baskara, Ibu Sri Wardani dan Ibu Mimin (Widya Swaya LPMP Jawa Tengah). Jadi ada empat orang perwakilan PGRI pusat yang hadir dalam kegiatan ini.

Sambutan terakhir oleh Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Kepala Cabang Dinas PKO Kecamatan Insana, Agustinus Nesi. Beliau meyampaikan permohonan maaf karena sebenarnya yang membuka kegiatan ini adalah Kepala Dinas PKO Kabupaten Timor Tengah Utara, tetapi Beliau lagi menjalankan tugas kedinasan di DPR. 

Beliau mengucapkan terima kasih kepada Tim PGRI Pusat, Tim dari Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara yang begitu besar peduli terhadap keadaaan kami di sini, sampai merubah wajah SMPN Sekon menjadi baik dan terima kasih kepada para peserta bapak ibu guru sekalian yang sudah merelakan waktu untuk mengikuti kegiatan ini. Karena jadi guru kita harus belajar terus menerus sehingga bisa merubah generasi anak didik kita ke depan lebih baik baik. Akhir kata Beliau atas nama Kepala Dinas PKO Kabupaten TTU membuka kegiatan dengan resmi.

Sementara Perwakilan dari Dinas PKO Kabupaten TTU yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Bapak Kris Ukat hadir saat kegiatan tatap muka berlangsung, dan panitia langsung memberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa perwakilan PGRI Pusat dan IKASTARA tidak sembarang Datang ke TTU, Insana untuk berbagi cerita. Ini satu hal yang luar biasa dan perlu disyukuri, luar biasa dan bangga dan direncanakan Ketua Umum PGRI pusat akan hadir pada tanggal 14 Desember mendatang. Jadi untuk bapak ibu guru, serahkan saja kelebihan mu pada peserta didik maka kekuasaan yang tidak terbatas akan datang. 

Untuk meningkatkan kapasitas guru maka perilaku dan mental harus dijaga, guru harus banyak membaca untuk menambah wawasan.

Sedangkan Menurut Kepala Sekolah SMPN Sekon, Adrianus Ua, S.Pd menyampaikan terima kasih banyak yang berlimpah kepada IKASTARA yang sudah menyelengarakan berapa kegiatan antara lain dibidang pendidikan yaitu membangun Gedung SMPN Sekon, Pemberian Buku-buku, kegiatan pembelajaran, Kegiatan Kemah Pramuka, dibidang Kesehatan ada Sehat Nusantara dan pembuatan Film Dokumenter dan juga banyak sekali kegiatan-kegiatan inspiratif lainnnya. 

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati TTU yang sudah memfasilitasi sarana prasana demi menyukseskan kegiatan Bakti Nusantara di Desa Sekon Khususnya di SMPN Sekon. Terima kasih juga disampaikan kepada Aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) Yonif 742/SWY yang sudah membantu dan memperlancar kegiatan Bakti Nusantara DI SMPN Sekon, ungkap Adrianus di halaman SMPN Sekon, Senin, 11 Desember 2017. Thom/mimpintt

Penulis: Thom Fallo


Post a Comment for "Ikastara Magelang Poles Wajah SMPN Sekon"