Dolvi Kolo Anggota DPRD Provinsi NTT Bagi Anakan Gratis Untuk Hijaukan Lingkungan


Jumat, 22 Desember 2017, puluhan anakan pohon Sengon, Trambosi, Pinang, Mahoni, Mente dan Cendana tiba di kediaman rumah milik Anggota DPRD Provinsi  NTT Dolvianus Kolo Di Kefamenanu, Kelurahan Sasi, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Rencananya anakan tersebut akan dibagikan kepada masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara. Menurut Tua Kolo yang akrab disapa, untuk anakan Mente dan Cendana sudah habis terdistribusi di desa-desa, ada beberapa Kepala Desa dan anggota masyarakat perseorangan sudah datang ambil di rumah, sedangkan tanaman lain masih ada di rumah dan nanti ada masyarakat yang mau tanam silahkan datang ambil saja.

Dengan tagar #AyoTanam, #SatuHariSatuPohon dan #DemiAnakCucuKita Tua Kolo mengaku anakan siap dibagikan kepada sahabat Tua kolo di mana saja berada untuk menghijaukan lingkungan. Perlu diketahui juga bahwa untuk sementara anakan pohon yang dipersiapkan hanya untuk sebatas kebun milik sendiri.

Anggota DPRD ini mengaku perlu mendorong adanya gerakan penghijauan yang dimulai dari kebun milik sendiri. Penghijauan merupakan hal yang penting sebagai upaya untuk menciptakan tata lingkungan yang seimbang serta sehat. 

Meski kini terlihat ada beberapa instansi dan pihak yang telah melakukan penghijauan, namun langkah nyata ini perlu kita tingkatkan dan biasakan untuk masyarakat apalagi anak muda sebagai generasi penerus bangsa.

Sudah saatnya masyarakat memanfaatkan lahan yang ada untuk ditumbuhi aneka tanaman. 

Selain membuat udara segar, ada manfaat yang dipetik dari hasil tanaman. Beliau mengajak seluruh pihak untuk menyadari pentingnya penghijauan lingkungan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan mendukung aktivitas masyarakat sehari-hari. 

Tanaman hijau maupun pohon adalah sumber penghasil oksigen, menjaga terjadinya erosi, oleh karenanya budaya menanam wajib dilaksanakan dengan tujuan mengurangi populasi daerah ini.

Menurut Tua Kolo, untuk mewujudkan hal ini, tentunya butuh kesadaran yang timbul dari hati dan kerja sama semua elemen dan pihak terkait, memiliki komitmen bersama untuk bergerak dan melangkah maju, bekerja sama dan sama-sama bekerja menciptakan kawasan lingkungan asri sebagai penunjang kehidupan manusia.

Penulis: Thom Fallo





Post a Comment for "Dolvi Kolo Anggota DPRD Provinsi NTT Bagi Anakan Gratis Untuk Hijaukan Lingkungan"