Siswa SMAN Oenopu Disiplin Dan Proaktif Saat KBM Berlangsung

Siswa SMAN Oenopu,TTU-NTT Foto Bersama Setelah Selesai KBM

Kefamenanu-Selasa, (21/11/2017) bertempat di SMA Negeri Oenopu, dilaksanakannya implementasi proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013. Siswa-Siswi hadir di sekolah sebelum Pukul 07.00. Sebelum masuk ke kelas masing-masing, siswa-siswi mengikuti Apel Pagi bersama bapak/ibu guru. 

Setelah selesai apel pagi mereka langsung masuk ke kelas masing-masing dalam keadaan rapi dan tenang untuk menunggu guru mata pelajaran. Siswa-siswi terlihat aktif dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

Kedatangan kami disambut baik oleh Kepala Sekolah SMAN Oenopu. Bapak/ibu guru dilayani dengan ramah dan kebutuhan mereka terkait dengan sarana prasarana untuk memperlancar proses pembelajaran difasilitasi dengan baik dan aman. 

Pagi hari ini, bertempat di SMAN Oenopu Kelas X MIPA 2, Siswa begitu tenang, aktif dan disiplin menunggu guru mata pelajaran Biologi, Hubertus Thomas Fallo, S.Pd dan Instruktur Kabupaten Mata Pelajaran Biologi Paulus Dwi kuntoro untuk Action di Kelas. Pada waktu itu Materi pembelajaran biologi adalah Eubacteria dan Archaebacteria. Pembelajaran dituntut untuk disesuakin dengan Kurikulum terbaru yaitu kurikulum 2013.

Hal-hal yang perlu di persiapkan oleh guru adalah perangkat pembelajaran, bahan ajar, model pembelajaran yang tepat dan media pembelajaran yang menyenangkan karena pusat pembelajaran terletak pada siswa. Siswa dituntut untuk lebih aktif dalam mencari tahu dan memecahkan masalah. 

Pada saat itu siswa begitu tenang, aktif dan bertanggung jawab dalam mengikuti pelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran, namun rasa kecewa timbul dari beberapa siswa karena waktu yang membatasi pertemuan pada saat itu ucap salah satu siswa bernama Jenarti Lakusaba, Kelas X MIPA 2.

Implementasi Kurikulum 2013 di SMAN Oenopu dilakukan oleh beberapa guru mata pelajaran tiap sekolah utusan yaitu mata pelajaran Biologi, Matematika, Ekonomi dan Prakarya yang berasal dari sekolah berbeda yaitu SMAN Insana Barat, SMAN Fafinesu, SMAN Manufui Dan SMAK Warta Bakti. 

Saat itu juga dihadiri Instruktur kabupaten beberapa mata pelajaran saja untuk menilai guru sasaran yang dalam proses pembelajarannya menerapkan pembelajaran K-13 di ruang kelas. 

Semua bapak/ibu guru terlihat menyibukan diri dan mempersiapkan diri untuk tampil bersinar sesuai dengan basik ilmu yang digelutinya. Hal ini dilakukan semata hanya untuk memajukan pendidikan agar tujuan pendidikan yang sudah termuat dalam undang-undang dapat tecapai.

Penulis: Thom Fallo

Post a Comment for "Siswa SMAN Oenopu Disiplin Dan Proaktif Saat KBM Berlangsung"