Roh Kurikulum 2013 Difokuskan Pada Sikap dan Karakter

Rabu, 22 Nopember 2017 bertempat di Aula Alesia Kefamenanu dilaksanakannya kegiatan Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan mulai dari hari Jumat, 17 Nopember 2017 kegiatan IN 1, dilanjutkan dengan kegiatan ON 1 yang bertempat di dua sekolah yaitu di SMAN Noemuti dan SMAN Oenopu, dan dilanjutkan hari ini IN 2 yaitu Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Pada kesempatan ini di hadiri oleh 9 sekolah sasaran dengan enam mata pelajaran kurikulum 2013.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00. Peserta hadir tepat pada waktunya baik itu Instruktur Kabupaten maupun Guru Sasaran. Tepat pukul 13.00 semua Guru Sasaran dan Instruktur Kabupaten berkumpul kembali untuk mengikuti acara ceremonial penutupan yang dihadiri oleh Perwakilan UPT Wilayah II Kabupaten TTU, Belu Dan Malaka, Kepala Sekolah SMA Warta Bakti Selaku Kepala Sekolah Pengelola Induk Klaster Dan Koordinator Pengawas SMA/SMK Kab. Timor Tengah Utara.

Acara Ceremonial penutupan berlangsung. Guru Sasaran diminta untuk memberikan pesan dan kesan. “ Kegiatan ini hendaknya di lakukan secara berkelanjutan dan kontinyu agar K-13 dapat diimplementasikan dengan baik di sekolah-sekolah pelaksana K-13, ucap Oktovianus Metkono, S.Pd Perwakilan Guru Sasaran Asal SMAN Insana Barat. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Instruktur Kabupaten, Induk klaster yang telah berusaha untuk memperlancar kegiatan Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara dengan baik, aman dan lancar.

Selain itu juga dalam acara tersebut diminta  untuk Instruktur Kabupaten menyampaikan pesan dan kesan terhadap kegiatan Implementasi K-13 Tingkat Kab. Timor Tengah Utara dan diwalikili Oleh Bapak Paulus Dwi Kuntoro asal Sekolah SMAN Taekas.

Beliau berpendapat bahwa Guru mengajar, siswa diajar karena kurikulim 2013 itu yang dititik beratkan adalah sikap. Fenomena di republik ini sangat signifikan, siswa bukan di tuntut untuk tahu saja tetapi moral dan mental itu harus menjadi nomor satu.

Generasi muda sekarang itu harus bermental baik, memiliki keterampilan lumayan dan juga memiliki pengetahuan, ucap Instruktur Kabupaten mata pelajaran Biologi. Beliau juga meminta untuk guru-guru mengoptimalkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) agar bisa saling membagi ilmu di lingkup MGMP.

Kegiatan Implementasi Kurikulum 2013 tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara ditutup secara resmi oleh Perwakilan UPT Wilayah II Kab. TTU, Belu Malaka Drs, Milikheor Suni, Beliau menyarankan untuk Induk klaster menyampaikan rekomendasi-rekomendasi atas kegiatan implementasi kurikulum 2013 Tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara kepada LPMP agar ditindaklanjuti.

Penulis Thom Fallo

Post a Comment for "Roh Kurikulum 2013 Difokuskan Pada Sikap dan Karakter"